Sunday, February 15, 2009

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Classroom Action Research)

Penggunaan Teknik Kancing-Gemerincing Untuk memeratakan peran siswa dalam kelas.

Abstrak

Penelitian ini ditujukan untuk menjawab keraguan selama ini tentang ketidakharmonisan hubungan siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai di dalam proses belajar-mengajar. Dengan penggunaan teknik kancing gemerincing, peran siswa khususnya dalam berdiskusi atau menjawab pertanyaan akan terbagi secara merata. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri bagi siswa yang kurang pandai dan akan menimbulkan rasa simpati bagi siswa yang pandai untuk membantu siswa yang kurang pandai. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar baik bagi siswa yang pandai maupun siswa yang kurang pandai, hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan nilai pada siklus 2 dibandingkan dengan siklus 1 serta terjalinnya hubungan yang harmonis antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai.


NB: Penelitian dengan menggunakan teknik kancing-gemerincing ini tidak hanya cocok digunakan untuk salah satu mata pelajaran saja, tetapi untuk semua mata pelajaran baik untuk tingkatan SD, SMP, dan SMA. Untuk itu bagi peneliti yang mau meneliti, dapat juga mengembangkan teknik ini agar lebih sempurna dan sesuai dengan level siswa yang diteliti.

No comments:

Post a Comment