Wednesday, April 04, 2012

Descriptive Text



Pengertian
Teks descriptive merupakan jenis teks yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam menggambarkan benda, tempat, manusia, hewan dan lain sebagainya. Teks desciptive adalah sebuah teks bahasa Inggris untuk mengggmbarkan seperti apa benda atau mahluk hidup yang kita deskripsikan, baik secara kenampakan, bau, suara, atau tekstur dari benda atau makhluk hidup tersebut. Tujan dari teks descriptive adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri dari benda, tempat, atau mahluk tertentu secara terperinci, sehingga orang yang mendengar atau membaca gambaran yang kita berikan dapat mengetahui dan bisa membayangkan seperti apa benda, tempat atau mahluk hidup yang kita diskripsikan.

TujuanKomunikatif
Tujuan komunikatif dari teks descriptive adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan ciri-ciri orang, mahluk hidup, benda atau tempat tertentu secara spesifik.

Generic Structure
Generic structure atau struktur teks dari teks descriptive ada dua:

Identification
Idnetification adalah bagian dari teks descriptive yang berisi tentang topik atau "apa" yang akan digambarkan atau dideskripsikan.

Description
Description adalah bagian terakhir dari teks descriptive yang berisi tentang pembahasan atau penggambaran tentang topik atau "apa" yang ada di identification mengenai kenampakan fisik, kualitas, perilaku umum maupun sifat-sifatnya.

Ciri Kebahasan

• Teks discriptive menggunakan simple present tense.
• Teks discriptive menggunakan berbagaimacam adjectives yang bersifat describing. numbering, classifying misalnya tow strong legs, sharp white fangs, dsb.
• Teks discriptive menggunakan relating verbs untuk memberikan informasi tentang subjek, misalnya my mum is realy cool, it has very thick fur, dsb.
• Teks discriptive menggunakan thinking verbs dan feeling verbs untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek, misalnya police belive the supect is aarmed, I think it is a clever animal, dsb.
• Teks discriptive juga menggunakan adverbs untuk memberikan informasi tambahan mengenai perilaku atau sifat (adjective) yang dijelaskan, misalnya it is extremely high (taken from belajarbahasainggris.us)

To get other types or genre of text please click here for more details

Ini ada beberapa contoh Descriptive text
  • 1. Borobudur Temple



  • 2. Easter Island